Senin, 21 Januari 2013

Biografi Singkat Pencipta Musik Reggae

Bob Marley yang memiliki nama panjangnya Robert Nesta Marley lahir pada tangagal 6 Februari 1945 di Nine Miles, sebuah kota kecil di Jamaika. Ayahnya, Norval Sinclair Marley berketurunan Inggris adalah seorang pengawas tanah milik pemerintah Inggris yang telah menjajah Jamaika sejak tahun 1960an, sedangkan ibunya, Cedella adalah seorang budak.
Bob Marley begitu ia akrab disapa oleh teman berandalannya, lingkungan yang keras adalah lingkungannya Marley, ia hidup di kawasan kumuh orang-orang miskin kulit hitam namun lewat pergaulan jalanannya itu Marley menemukan nilai-nilai kejujuran, merasakan penderitaan dan penghujatan dari kaum kulit putih bahkan dari kaumnya sendiri banyak yang mempertanyakan tentang predikat Merley sebagai orang kulit hitam “setengah putih”dari garis keturunan ayahnya. Ditengah perjalan ini Marley, menemukan apa yang kemudian di jadikan sebagai jalan hidupnya di dunia tempat di menjalani hidup yaitu musik.
Lewat musik Bob Marley melakukan pemberontakan dan perlawanan terhadap kesewenangan dan ketidakadilan dari kaum kulit putih Bob mengawali karir musiknya dengan membentuk band “ The Wailers”.
Pada awal karirnya sebagai pemusik Marley dan The Wailers tidak berjalan mulus. Lagu-lagunya tidak diterima begitu saja lagu-lagunya dianggap sampah oleh politikus, pendeta dan surat kabar Jamaika.
Lewat musiknya, Bob Marley dengan lantang menyebarkan segala kesenjangan sosial yang terjadi dari perilaku amoral para tetangga sampai kebohongan dan penindasan para penguasa. Sekalipun ia dimusuhi oleh sebagian masyarakat yang adalah penguasa dan politikus kecintaanya pada musik tidak membuatnya menyerah. Bob Marley terus berjuang dengan syair-syair lagunya dan memprakarsai perdamaian dengan musiknya walaupun perdamaian tidak begitu langsung bisa terlaksana namun inilah yang membangkitkan semangat rakyat Jamaika untuk merubah takdir mereka.

Setelah sejak tahun 1962 ia memulai karirnya dan mendapat cercaan, pada tahun 1975 ia mulai sukses dengan lagu-lagunya. Konser demi konserpun dilaluinya hingga tour ke Negara-negara terkenal seperti Amerika dan Eropa.
Bob Marley dan isterinya pernah diserang dikediamannya dan ditembaki oleh sekawanan orang tak dikenal suruhan pemerintahan Jamaika (Edwar Seaga). Bob dan istrinya berhasil selamat setelah dibawa ke Rumah Sakit dan mendapat perawatan.
Dipuncak karirnya pada tahun 1979 Bob Marley menjadi orang yang super sibuk lagunya laku diseluruh dunia dan saking sibuknya Marley bahkan tidak mempedulikan kanker yang awalnya ditemukan dalam pemeriksaan dokter di tahun 1977 pada infeksi dikakinya,ia menolak perawatan yang menganjurkan mengamputasi kakinya karena amputasi tidak sesuai dengan ajaran dalam rastafariannya. Kanker yang diderita Bob Marley semakin parah dan meluas ke otak,paru-paru,hati, bahkan telah kehilangan fungsi kaki karena perawatan ditolak. Pada tanggal 11 Mei 1981 diusianya yang ke 36 Bob Marley akhirnya meninggal dunia.
Bob Marley adalah sosok yang universal dan bukan sekedar superstar biasa. Karismanya luar biasa dan memiliki kepribadian sosial. Ia berhasil membuat sebuah formula dimana masalah – masalah seperti penindasan, perlawanan terhadap kesewenangan serta politik diolahnya menjadi sesuatu yang menarik. Bob Marley berhasil membuat perubahan dan akan selalu dikenang selama-lamanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar